Rabu, 08 November 2023
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah: Mengukur Keberhasilan Pendidikan
Gandangbatu Sillanan(Humas Tana Toraja)-Kunjungan Tim Penilai Kinerja Kepala Madrasah (TPKKM) Kab. Tana Toraja yang diketuai oleh Muh Sabir, S.Ag,M.Pd.I berkunjung ke MIN 2 Tana Toraja, Selasa 7 Nopember 2023.Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni Senin s.d Selasa.
Maksud dan tujuan kegiatan ini karena Kepala Madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam menjamin keberhasilan pendidikan di lembaga mereka. Sebagai pemimpin, mereka memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan visi dan strategi yang mendorong prestasi siswa, meningkatkan kualitas pengajaran, dan memastikan efektivitas manajemen institusi.
Penilaian kinerja Kepala Madrasah adalah alat yang digunakan untuk mengukur keberhasilan kepemimpinan mereka. Ini adalah proses yang terstruktur dan sistematis yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja individu dalam mencapai tujuan dan standar yang ditetapkan. Penilaian kinerja ini melibatkan pengumpulan data dan informasi yang relevan tentang kinerja kepala madrasah, baik dari perspektif kuantitatif maupun kualitatif.
Ada beberapa aspek yang perlu dievaluasi dalam penilaian kinerja kepala madrasah.Dalam penyampaiannya Pengawas Madrasah Muh.Sabir menjelaskan bahwa kepala madrasah harus dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam merumuskan dan mengkomunikasikan visi dan misi madrasah kepada staf, siswa, dan masyarakat. Kepala madrasah yang efektif harus mampu menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk bekerja menuju tujuan yang sama.
Kedua, kepala madrasah juga harus dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam mengelola sumber daya manusia. Ini meliputi kemampuan mereka untuk merekrut dan mempertahankan staf yang berkualitas, mengatur jadwal kerja, memberikan pelatihan dan pengembangan profesional, serta mengevaluasi kinerja staf secara adil dan objektif.
Selain itu, kepala madrasah juga harus dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam mengelola anggaran dan sumber daya fisik. Mereka harus mampu mengalokasikan dana dengan efisien dan efektif, memastikan bahwa sumber daya fisik seperti gedung, peralatan, dan bahan pembelajaran tersedia dan terawat dengan baik.
Penilaian kinerja kepala madrasah juga harus mempertimbangkan kemampuan mereka dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di madrasah. Mereka harus mampu memfasilitasi pengembangan kurikulum yang relevan dan inovasi sesuai pembelajaran Abad 21.
Selain membahas tugas dan fungsi Kepala Madrasah,Pengawas Madrasah tingkat MIN itu mengumpulkan perwakilan guru dari wali kelas,mapel serta guru yang membidangi kurikulum dan kesiswaan kemudain melakukan tanya jawab seputar tugas dan fungsi mereka untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan penilaian kinerja Kepala Madrasah untuk memastikan bahwa satuan pendidikan MIN 2 Tana Toraja bekerja dengan baik.(Junaedi Lendang/Humas MIN 2 TT)










0 Comments:
Posting Komentar